Apakah Kamu Cinta INDONESIA?

https://makalahpendidikan.wordpress.com/wp-content/uploads
Indonesia

Jika Kamu adalah orang Indonesia yang :

  • Lahir di Indonesia…
  • Besar di Indonesia…
  • Dan CINTA INDONESIA…

Apa yang sudah kamu lakukan untuk Indonesia?Apa kamu tahu? Indonesia yang kita cintai ini seperti apa?

Berikut sekilas informasi mengenai Indonesia :

  • Indonesia adalah negara berpenduduk ke empat terbesar di dunia. (Diperkirakan jumlah penduduk Indonesia pada 2009 mencapai 231 juta jiwa menurut sumber BPS.)
  • Terdapat 33 propinsi di Indonesia, termasuk di dalamnya 5 daerah istimewa. (Sumber: data Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia tahun 2004.)
  • Jumlah pulau di Indonesia adalah sebanyak 17.504 buah. 7.870 di antaranya telah mempunyai nama, sedangkan 9.634 belum memiliki nama dan 6000 pulau tidak berpenghuni. (Sumber: data Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia tahun 2004.)
  • Dari jumlah total bahasa di seluruh dunia sebanyak 6.912 (tahun 2009), Indonesia menduduki peringkat kedua terbanyak (741 bahasa) setelah Papua Nugini (820). (Sumber: Prof Dr Kisyani-Laksono Guru Besar dalam Bidang Ilmu Linguistik pada Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Surabaya.)
  • Terdapat sekitar 300 kelompok etnis dan 112 kelompok besar suku bangsa asli serta 5 suku bangsa pendatang di seluruh Indonesia. (Sumber: Wikipedia.)

Begitu kaya dan beragam properti yang dimiliki Indonesia berdasarkan data di atas; mulai dari adat istiadat, kebudayaan, arsitektur, kesenian, kuliner, hingga pakaian daerah, dsb. Tetapi apakah kita sadar dan tahu semua kekayaan Indonesia? saya rasa masih belum. Lha saya juga gitu kok……

Untuk itu yuk comment disini… (tambahkan apa yang kamu tahu tentang INDONESIA) supaya yang lain juga jadi tahu.

4 tanggapan untuk “Apakah Kamu Cinta INDONESIA?

  1. Pernahkah kita mensyukuri, semua nikmat ini, tanah air yang subur dan kaya dengan berbagai tambang, mineral, energi dan lainnya, yang seharusnya kita semua dapat hidup sejahtera. Perbaiki pengelolaan tanah air demi kesejahteraan bersama, dan tingkatkan kesatuan dan persatuan bangsa ini.
    Mari kita bangun semua yang konstruktif dan kita jauhi semua yang destruktif demi kebaikan bersama.

  2. dengan kekayaan Indonesia seharusnya Indonesia sudah menjadi negara yang sejahtera, namun banyak masyarakat yang selalu merasa tidak sejahtera, tidak pernah merasa cukup apalagi untuk bersyukur, selalu saja tidak puas.
    memang berbeda ketika kita dijajah semua bersatu untuk merdeka, bersatu untuk melawan musuh,berjuang demi negara namun saat ini terlihat tidak lagi terlihat semangat persatuan dan kesatuan yang merupakan tonggak kuat bagi negara.

Tinggalkan komentar